Baca juga artikel menarik lainnya di iidiott.blogspot.com . Pecinta wikipedia? tambah pengetahuanmu di Pharmachylious . Keep Enjoi bro

Selasa, 04 September 2012

MANFAAT TANAMAN HERBAL DALAM PENGOBATAN


Dalam dunia modern seperti saat ini, Ada banyak jenis pengobatan. mulai dari terapi yang sederhana hingga pengobatan dengan menggunakan peralatan yang sangat canggih. Dari sekian banyak cara dan jenis pengobatan adalah pengobatan dengan cara menggunakan tumbuhan herbal.

Meski tergolong pengobatan yang konvensional, pengobatan dengan tumbuhan herbal memiliki kelebihan tersendiri. Selain didapat dengan carayang ekonomis, pengobatan dengan herbal tidak begitu menimbulkan efek samping dibanding dengan pengobatan modern. Untuk mendapatkan bahan pengobatan kita bisa memanfaatkan tumbuhan yang sudah ada di sekitar kita. Atau jika tidak ada disekitar kita, kita bisa bisa membelinya dengan harga yang sangat terjangkau.

Tanaman Sambiloto
Tanaman herbal yang bisa memberikan Khasiat Dan Manfaat Tanaman adalah Lempuyang, karena kemampuannya mampu menurunkan panas. Cukup dengan memanfaatkan bagian rimpang yang berwarna putih kekuningan. Selanjutnya adalah kunyit yang ternyata memiliki manfaat dan khasiat tanman herbal. Kunyit bisa meningkatkan daya tahan tubuh, selain menurunkan panas, ataupun menjadi anti radang, antibakteri, sampai antioksidan. Cukup dengan mengambil bagian rimpang dari kunyit yang berwarna oranye untuk merasakan Khasiat Dan Manfaat Tanaman Herbal nya. Tanaman Sambilito juga memiliki manfaat dan khasiat tanaman hebal dari daun dan batangnya. Tanaman herbal ini  mampu menurunkan panas, kadar gula darah, mengatasi kencing manis, hepatitis, flu, radang amandel, paru, kanker, hipertenti, keracunan, kencing manis, meningkatkan kekebalan tubuh, mengatasi disentri, demam, radang ginjal, bronchitis, TBC, kusta, sampai nanah. Sambilito sebanyak 6gr sama fungsinya dengan parasetamol.



Ada banyak jenis herbal yang bisa dijadikan berbagai jenis obat dari berbagai jenis penyakit seperti kencingmanis, jantung dan masih banyak penyakit lainnya yang bisa disembuhkan dengan cara pengobatan herbal. Berikut beberapa tanaman herbal yang bisa kita buat sebagai pengobatan asam urat :
  • Daun Jelatang dan Tumbuhan Paku Ekor kuda untuk menjadikan herbal tersebut sebagai obat, daun tersebut bisa diambil sarinya atau dibuat jus. Jus tersebut dimium kira-kira satu gelas, diminum tiga kali sehari. herbal ini berkhasiat menghilangkan asam urat pada sendi.
  • Lobak Untuk mejadikan lobak sebagai obat asam urat, yang harus dilakukan adalah hampir sama dengan cara pertama yaitu dibuat jus, hanya saja jus tersebut perlu didihkan, setelah itu dinginkan selama 10 menit dan minum pada saat perut dalam keadaan kosong. Cara ini bermanfaat untuk menghapus racun yang menyebabkan asam urat.
  • Blueberry atau redberyy.  Buah blueberry dan red berry mengandung Antosianidin. Antosianidin berfungsi memperbaiki kerusakan kolagen dan menetralkan keasaman berlebih, termasuk asam urat. Mengkonsumsi buah berry dalam jumlah banyak sangat diajurkan. Sebuah penelitian menjukkan bahwa mengkonsumsi setengah kilo ceri tanpa pemanis sehari menurunkan asam urat.
Masih banyak Tanaman hebal yang bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit dan kita dapat menemukannya disekitar kita. Untuk sementara munkin dirasa cukup. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua! 

Daftar Pustaka

Syafiruddin, Moh. 2011. “Manfaat Tanaman Obat Herbal Untuk Mengobati Asam Urat”. http://www.syafir.com/2011/01/16/manfaat-tanaman-obat-herbal-untuk-mengobati-asam-urat. 9 September 2012

Ditulis Oleh : Asy shahid AM // 19.47
Kategori:

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN BERKOMENTAR DAN IKUT SESAT BERSAMA ORANG-ORANG LAINNYA !

 
[Gunakan Mozilla firefox untuk tampilan Terbaik] Mohon maaf apabila setelah membaca artikel dalam blog ini anda mengalami diare, muntaber, tumbuh kumis, impotensi, bokong bernanah dan lain sebagainya. Hubungi Admin apabila sakit berlanjut [Kebijaksanaan pemirsa sangat dibutuhkan]
Diberdayakan oleh Blogger.