Baca juga artikel menarik lainnya di iidiott.blogspot.com . Pecinta wikipedia? tambah pengetahuanmu di Pharmachylious . Keep Enjoi bro

Rabu, 05 September 2012

MANFAAT TANAMAN HERBAL DALAM PENGOBATAN (Request from Mr.Irawan)


MANFAAT TANAMAN HERBAL DALAM PENGOBATAN
 
Dalam dunia modern seperti saat ini, Ada banyak jenis pengobatan. mulai dari terapi yang sederhana hingga pengobatan dengan menggunakan peralatan yang sangat canggih. Pengobatan herbal adalah alternative terbaik untuk mengobati segala macam penyakit. karma selain mudah didapatkan, tanaman herbal pun memiliki efek samping yang tidak banyak banyak dibanding obat jaman sekarang.
Tanaman herbal yang bisa digunakan sebagai obat dapat dilihat dibawah ini :
  • Lempuyang : karena kemampuannya mampu menurunkan panas. Cukup dengan memanfaatkan bagian rimpang yang berwarna putih kekuningan
  • Tanaman Sambilito juga memiliki manfaat dan khasiat tanaman hebal dari daun dan batangnya. Tanaman herbal ini  mampu menurunkan panas, kadar gula darah, mengatasi kencing manis, hepatitis, flu, radang amandel, paru, kanker, hipertenti, keracunan, kencing manis, meningkatkan kekebalan tubuh, mengatasi disentri, demam, radang ginjal, bronchitis, TBC, kusta, sampai nanah. Sambilito sebanyak 6gr sama fungsinya dengan parasetamol.
  • Temulawak (Curcuma xanthorhiza roxb) : Manfaat temulawak untuk mengobati sakit kuning, diare, maag, perut kembung dan pegal-pegal. Terakhir juga bisa dimanfaatkan untuk menurunkan lemak darah, mencegah penggumpalan darah sebagai antioksidan dan memelihara kesehatan dengan meningkatkan daya kekebalan tubuh.
  • Kunyit : Manfaat kunyit banyak digunakan sebagai ramuan jamu karena berkhasiat menyejukkan, membersihkan, mengeringkan, menghilangkan gatal, dan menyembuhkan kesemutan.  Bermanfaat juga sebagai anti inflamasi, anti oksidan, anti mikroba, pencegah kanker, anti tumor, dan menurunkan kadar lemak darah dan kolesterol, serta sebagai pembersih darah.
  • Keji beling atau orang jawa menyebutnya dengan nama “sambang geteh.” Tumbuhan ini memiliki banyak mineral seperti kalium, kalsium, dan natrium serta unsure mineral lainnya. Disamping itu juga terdapat asam silikat, tannin, dan glikosida. Kegunaannya sebagai obat disentri, diare (mencret) dan obat batu ginjal serta dapat juga sebagai penurun kolesterol. Daun tanaman ini selain direbus untuk diminum airnya, juga dapat dimakan sebagai lalapan setiap hari dan dilakukan secara teratur. Daun keji beling juga kerap digunakan untuk mengatasi tubuh yang gatal kena ulat atau semut hitam, caranya dengan cara mengoleskan langsung daun keji beling pada bagian yang gatal tersebut. Demikian pula untuk mengobai penyakit lever (sakit kuning), ambien (wasir) dan maag.
  • Tempuyung : Di dalam daun tersebut terkandung kalium berkadar cukup tinggi. Membuat batu ginjal berupa kalsium karbonat tercerai berai, karena kalium akan menyingkirkan kalsium untuk bergabung dengan senyawa karbonat, oksalat, atau urat yang merupakan pembentuk batu ginjal. Endapan batu ginjal itu akhirnya larut dan hanyut keluar bersama urine.
·         Bawang putih (Allium sativum) : Bermanfaat mengobati flu dan batuk, menurunkan kadar kolesterol tinggi, mencegah dan mengobati kanker perut, kanker usus besar, penyakit darah tinggi dan jantung.

Sekian beberapa manfaat dari tanaman herbal dalam pengobatan, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua

Daftar Pustaka
AM, Asy Shahid.2012.”Manfaat Tanaman Herbal Dalam Pengobatan”. http://skatersklk.blogspot.com/2012/09/manfaat-tanaman-herbal-dalam-pengobatan.html.
Maryanto.2012.”Tanaman obat keluarga dan manfaatnya”. http://cakmaryanto.wordpress.com/2012/06/08/tanaman-obat-keluarga-dan-manfaatnya/.9 September 2012

Ditulis Oleh : Asy shahid AM // 02.36
Kategori:

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN BERKOMENTAR DAN IKUT SESAT BERSAMA ORANG-ORANG LAINNYA !

 
[Gunakan Mozilla firefox untuk tampilan Terbaik] Mohon maaf apabila setelah membaca artikel dalam blog ini anda mengalami diare, muntaber, tumbuh kumis, impotensi, bokong bernanah dan lain sebagainya. Hubungi Admin apabila sakit berlanjut [Kebijaksanaan pemirsa sangat dibutuhkan]
Diberdayakan oleh Blogger.